10 Tips Paling Ampuh agar Sobat Terhindar dari Penipuan Online


Memang tidak dapat dipungkiri bahwa belanja secara online sudah sangat populer. Selain mudah dilakukan, kita juga tidak perlu keluar rumah. Karena, hanya dengan duduk di depan monitor saja barang yang kita beli akan langsung diantarkan sampai di rumah. Namun, sama halnya dengan dunia nyata, masih aja ada banyak orang tak bertanggung jawab yang mencari keuntungan dengan memanfaatkan transaksi online ini yaitu dengan cara menipu. Maka dari itu kali ini saya akan membagikan 10 tips paling ampuh agar sobat terhindar dari penipuan online :

1. Cek Identitas Penjual


Mencari tahu Identitas penjual adalah salah satu hal yang dapat menghindarkan sobat dari aksi penipuan online. Namun, para penipu biasanya menggunakan identitas palsu. Oleh karena itu, sobat sebaiknya tidak langsung percaya dengan identitas tersebut. Untuk mengatasinya, Sobat bisa tanya teman sekota atau sobat juga bisa cek di google maupun polisionline.com untuk mencari tahu apakah identitas tersebut benar-benar ada.

2. Cek Testimoni (Kesaksian) dari Pelanggan

Bila sobat sudah mengetahui dengan pasti Identitas penjual, selanjutnya sobat cari tahu testimoni (kesaksian) dari para pelanggan yang sudah pernah bertransaksi dengan penjual tersebut.

3. Cek Nomor Telepon Penjual


Cobalah untuk mencari tahu tentang nomor telepon penjual, karena nomor telepon penipu biasanya ada dalam sebuah kasus penipuan yang melibatkan dirinya. Sobat bisa mengeceknya di stoppenipuan.net, penipu.id atau juga bisa di google dengan format nomor telepon disertai kata penipu.

4. Jangan Mau Memberi DP/Uang Muka yang Besar


Penjual terpercaya biasanya hanya meminta uang muka yang kecil, karena penjual terpercaya tidak terlalu mempermasalahkan jumlah uang muka yang kecil asal benar-benar serius untuk membeli dan secepatnya melunasi. Namun, berbeda jauh dengan penipu yang biasanya meminta uang muka dengan jumlah besar dengan alasan tertentu, kemudian menghilang.

5. Transaksilah dengan Penjual yang Pernah Bertransaksi dengan Orang yang Sobat Kenal


Sebelum bertransaksi, sebaiknya sobat tanya terlebih dahulu kepada orang yang sobat kenal dan pernah bertransaksi dengan si penjual. Tips ini sangat direkomendasikan, karena sobat tidak mungkin tertipu bila mencoba tips ini.

6. Gunakan Fasilitas Rekening Bersama


Sebagian besar orang yang pernah tertipu adalah mereka yang langsung mengandalkan sistem transfer antar bank, nah sistem ini yang biasa dimanfaatkan oleh para penipu online untuk mendapatkan korban. Maka dari itu sebaiknya sobat menggunakan fasilitas rekening bersama (perantara/pihak ketiga) untuk melancarkan sebuah transaksi. Bila ada penjual yang tidak mau diajak rekening bersama berarti penjual tersebut bisa dipastikan sebagai penipu.

7. Jangan Mudah Tergiur dengan Suatu Barang yang Harganya Terlalu Murah


Bila sobat menemukan penjual yang menawarkan suatu barang yang harganya terlalu murah dari harga pasaran, maka janganlah sobat mudah tergiur. Karena, besar kemungkinan mereka adalah penipu.

8. Curigai Penjual Yang Mendesak Sobat Untuk Segera Mentransfer Uang


Nah, kasus penipuan yang satu ini sangat sering terjadi, bahkan saya sendiri pernah mengalami penipuan semacam ini. Penipu biasanya membuat alasan sedemikian rupa agar korban secepatnya mentransfer uang kepada penipu. Maka, bila sobat menemui penjual semacam ini cobalah sobat pikir-pikir terlebih dahulu.

9. Mintalah Nomor Resi Pengiriman Sesegera Mungkin


Pastinya suatu barang yang akan sobat beli akan dikirim melalui agen atau jasa pengiriman barang. Oleh sebab itu, sebaiknya setelah mentransfer sobat langsung meminta nomor resi pengiriman agar sobat merasa tenang.

10. Usahakan Melakukan Transaksi secara Cash On Delivery (Bertemu Langsung  Dengan Penjual)
Ini adalah tips yang paling aman, jadi bila sobat lokasinya tidak terlalu jauh sebaiknya menggunakan tips ini, karena sobat bila langsung melihat-lihat barangnya terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran.


Itulah 10 tips paling ampuh agar sobat terhindar dari penipuan online, semoga bermanfaat. Jika sobat tertipu jangan ragu untuk melaporkan penipu ke pihak berwenang agar tak ada lagi korban serupa dari pelaku. Jangan lupa bila ada masukan ataupun saran dari sobat semua silahkan tulis di kolom komentar.