10 Tips yang Perlu di Perhatikan Sebelum Sobat Membeli Laptop


Laptop merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting terutama bagi mahasiswa. Bagi mahasiswa laptop seakan menjadi teman untuk menyelesaikan tugas perkuliahan. Laptop juga bisa digunakan untuk berbagai macam hal diantaranya yaitu mendesain, membuat dokumen, mengedit gambar, dan lain-lain. Saat ini banyak diantara mereka yang telah menyesal setelah membeli laptop karena kurangnya pengetahuan tentang sebuah laptop. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan artikel tentang 10 Tips yang Perlu di Perhatikan Sebelum Sobat Membeli Laptop :

1. Budget


Poin pertama adalah dana yang akan sobat gunakan untuk membeli sebuah laptop. Saya sengaja meletakkannya di poin yang pertama karena ini sangatlah penting. Nah, untuk mendapatkan sebuah laptop dengan spesifikasi yang memuaskan sebaiknya sobat terlebih dahulu menyiapkan dana sekitar 5 hingga 10 juta.

2. Kegunaan Laptop


Tentukan terlebih dahulu kegunaan dari laptop yang akan sobat beli. Karena bila sobat ingin menggunakannya untuk bermain game-game berat, maka pilihan laptop harus berbeda dengan yang hanya digunakan untuk mengetik atau sekedar browsing saja.

3. Merek


Ada berbagai macam merek sebuah laptop diantaranaya adalah Apple, Samsung, Toshiba, Asus , dan masih banyak yang lainnya. Maka dari itu, silahkan sobat memikirkan merek laptop apa yang sobat inginkan.

4. Processor


Saat ini ada dua produsen processor yang bersaing ketat, yaitu Intel dan AMD. Bila sobat gunakan untuk bermain game sebaiknya memilih AMD. Namun, jika digunakan untuk kerja sehari-hari sebaiknya sobat memilih Intel core i3 atau core i5. Harga processor Intel lebih mahal dibanding AMD. Untuk Core i3 dijual antara 900rb s/d 1,8 juta dan yang Core i5 dijual antara 1,3 juta s/d 2,2 juta.

5. RAM (Random Acces Memory)


Fungsi RAM adalah untuk membantu kinerja laptop sobat agar bisa menyimpan data sementara. Semakin besar kapasitas RAM maka kinerja laptop akan semakin baik. Berbagai macam kapasitas RAM yang ditawarkan dari masing-masing laptop. Tetapi, sebaiknya sobat memilih laptop dengan kapasitas RAM yang 4 GB karena itu sudah sangat luas.

6. VGA (Video Graphics Array)


VGA merupakan hal yang paling diperhitungkan dari seorang gamers. Kemampuan VGA yang bagus menghasilkan tampilan game yang lancar, tidak patah-patah. Sama halnya dengan processor, pilihan VGA ada 2 macam, yaitu NVIDIA Ge Force dan Ati Radeon. Sebaiknya sobat pilih NVIDIA Ge Force saja.

7. HDD (Hard Disk Drive)


HDD adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan data laptop. Sebaiknya, sobat membeli laptop dengan hard disk berkapasitas 1 TB.

8. Ukuran layar
Berbagai macam laptop dengan ukuran layar yang berbeda. Namun, untuk ukuran yang pas, sebaiknya sobat membeli laptop dengan ukuran 13” – 14”.

9. SO (Sistem Operasi)


Sistem Operasi sangat menentukan kenyamanan ketika sobat menggunakan laptop. Sistem Operasi berfungsi untuk menghubungkan antara perangkat keras (hardware) dengan perangkat lunak (software). Sebaiknya sobat menggunakan Sistem Operasi Window saja, karena lebih gampang digunakan.

10. Garansi


Garansi juga sangat penting dan perlu diperhatikan sebelum membeli laptop. Karena apabila laptop yang sobat beli belum lama tetapi rusak sendiri, sobat bisa langsung membawanya ke tempat pembelian tanpa di pungut biaya apapun alias gratis.

Sekian artikel saya kali ini tentang 10 tips yang perlu di perhatikan sebelum  sobat membeli laptop semoga bermanfaat, masukan dan saran sobat sangat saya tunggu. Dan jangan lupa untuk membaca artikel saya yang lainnya.