16 Fakta Mengejutkan Dari Samsung yang Pasti Belum Sobat Ketahui


Dahulu Samsung dikenal sebagai produsen elektronik yang biasa-biasa saja. Namun, saat ini samsung sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Sektor yang menjadi pendongkrak popularitas dari samsung adalah smartphone, terutama smartphone ternama mereka yaitu Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy yang lain . Selama satu dekade terakhir ini, Samsung berkembang pesat bersama platform Android milik Google. Perusahaan asli Korea Selatan ini sempat dituduh sebagai tukang jiplak karena berbagai alasan. Namun tak disangka, justru saat ini kualitas telah membuktikan bahwa Samsung mampu bersaing secara sehat dengan para pesaingnya. Berikut ini adalah 16 Fakta Mengejutkan dari Samsung yang Pasti Belum Sobat Ketahui :
1. Samsung merupakan Perusahaan Keluarga
Sobat pasti tidak menyangka bahwa Samsung sebenarnya merupakan perusahaan keluarga. Samsung dikendalikan oleh keluarga konglomerat secara turun temurun. Mulai dari Lee Byung Chull, kemudian keturunannya Lee Kun Hee dan seterusnya. Harta yang melimpah menjadikan pemilik Samsung Group sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Lee Kun Hee pernah masuk dalam majalah Forbes sebagai orang kaya dengan harta senilai DOLLAR 10 Milliar Dollar.
2. Samsung Dulunya adalah Perusahaan Mie

Sebelum sukses besar dengan Smartphone Galaxy-nya. Samsung ternyata pernah memproduksi mie di Daegu, Korsel. Bisnis ini cukup sukses hingga perusahaan pun dipindah ke Seoul. Di tahun 1954, Samsung melebarkan sayapnya ke lini lain, yakni pakaian katun dan menjadi salah satu yang terbesar di Korsel waktu itu. Tepat di tahun 1960, Samsung merambah bisnis elektronik dan produk rilisan mereka yang pertama adalah televisi hitam putih. Nama Samsung sendiri artinya adalah tiga bintang yang melambangkan keabadian, besar, dan kuat.

3. Fakta Unik Di Logo Samsung
Sadarkah sobat semua bahwa di logo Samsung saat ini, terdapat huruf S dan G memiliki ujung yang terbuka dan keluar dari background biru yang melingkar. Rupanya tindakan ini bukan tanpa sebab. Samsung mengatakan bahwa huruf S dan G tersebut bermakna bahwa mereka selalu terbuka dengan inovasi dan perkembangan apapun yang akan terjadi (open-minded).

4. Memiliki Karyawan Terbanyak Dibandingkan Perusahaan Teknologi Lainnya

Untuk laporan dari tahun 2014 saja, Samsung dilaporkan sudah memiliki 489.000 karyawan yang bernaung di bawah nama Samsung. Jumlah ini bahkan melebihi jumlah karyawan dari Microsoft, Apple, dan Google.

5. Market Share Tertingggi di Tahun 2015
Di tahun 2015, market share dari penjualan smartphone Samsung berhasil menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan merek-merek lainnya. Market share Samsung mencapai 22,4%, jauh meninggalkan Apple dengan 16,4%.

6. Perusahaan Smartphone dengan Biaya Riset Tertinggi
Dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan teknologi lain, Samsung menjadi perusahaan dengan biaya riset tertinggi hingga mencapai 14,1 milyar dollar. Jumlah tersebut jauh mengalahkan perusahaan lain seperti Apple (6 milyar dollar) dan Google (9,8 milyar dollar)
.
7. Chip Processor Apple Diciptakan oleh Samsung
Tahukah kamu bahwa sebenarnya, chip processor yang digunakan oleh Apple pada perangkat iPhone 4, 4s, 5, dan 5s rupanya diproduksi oleh Samsung. Jumlah produksinya mencapai hingga 600 juta chip.

8. Mendominasi Penjualan Layar AMOLED di Seluruh Dunia
Perusahaan teknologi yang berasal dari Korea Selatan ini juga menjadi perusahaan dengan market share tertinggi dalam sektor penjualan layar AMOLED. Samsung berhasil mendominasi hingga 95,8% dalam hal market share layar jenis AMOLED di seluruh dunia untuk tahun 2015.

9. Pencipta Gedung Tertinggi di Bumi
Mungkin dari semua semua, banyak yang belum tahu bahwa Samsung ternyata perusahaan yang membangun gedung Burj Khalifa di Uni Emirat Arab. Gedung yang dinobatkan sebagai gedung tertinggi di dunia tersebut memiliki tinggi hingga 828 meter.
10. Promosi Samsung selalu Besar-besaran
Kesuksesan penjualan tak lepas dari sektor marketing yang sangat ciamik. Samsung kerap melakukan terobosan dan tak tanggung-tanggung untuk keperluan iklan, Samsung bisa gila-gilaan dalam menggelontorkan dana. Data tahun 2012 menyebutkan bahwa promosi iklan untuk Samsung budgetnya sebesar 4 milliar dollar. Saat dibandingkan dengan Apple, Samsung memiliki pendapatan lebih tinggi, yakni 179 milliar dollar sementara Apple hanya 127,8 miliar dollar.
11. Produksi TV Samsung Terlaris Sedunia
Salah satu rekor manis yang dihasilkan oleh Samsung adalah produk televisinya yang mendunia. Selama 6 tahun berturut-turut, Samsung mampu menempatkan diri sebagai produsen TV paling laris sedunia. Tentu saja hal ini berkat inovasi tiada henti. Televisi bikinan Samsung selalu canggih dan terdepan. Sebut saja ES9000 LED TV yang menjadi TV dengan ukuran terbesar di dunia yaitu 75 inch disertai fitur andalan yang unik seperti voice control hingga motion control. Jadi, hanya dengan gerakan atau suara saja sobat sudah bisa menjadi remote control.

12. Menyumbang $100 Juta untuk Keperluan Medis
Perusahaan sebesar Samsung juga tidak luput dalam hal donasi terhadap pihak yang membutuhkan. Mereka setiap tahun tercatat secara rutin menyumbangkan 100 juta Dollar kepada pusat-pusat kesehatan dan rumah sakit. Itu mencakup 1200 dokter dan 2300 perawat.

13. Kontraktor Gedung Tinggi Ikonik Lainnya
Selain Burj Khalifa, Samsung juga menjadi perusahaan kontraktor utama untuk pembangunan gedung Taipei 101 di Taiwan dan Menara Petronas di Malaysia. Masing-masing memiliki tinggi 508 meter dan 451,9 meter.
14. Korea Selatan = Republic of Samsung
Samsung mampu berevolusi dan menjadi tak terkalahkan. Bahkan di Korsel, bisnis Samsung menyumbang pendapatan bruto negaranya hingga 17%. Samsung memiliki posisi penting dalam mengangkat perekonomian Korea Selatan berkat produknya yang menyentuh segala aspek kehidupan masyarakat. Bayangkan saja, mulai dari kompor, mesin cuci, televisi, hingga asuransi, semua ini digunakan oleh warga Korsel untuk mempermudah aktivitas mereka sehari-hari. Bahkan seorang pengamat ekonomi pun mengatakan bahwa Samsung memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan presidennya sendiri.

15. Samsung juga Menciptakan Teknologi Persenjataan yang Canggih
Tampaknya samsung juga menciptakan robot canggih bernama SGR-A1, robot ini merupakan robot militer yang berfungsi untuk menjaga perbatasan Korea Selatan dengan Korea Utara. SGR-A1 dapat mengenali dan membidik secara otomatis sasarannya sampai dengan jarak 3,2 KM.

16. Pidato Bersejarah Pemimpin Samsung

Dari laporan Bloomberg, jauh hari saat tengah berada California Selatan, Hee memasuki sebuah toko elektronik dan melihat televisi Samsung yang berada di pojokan toko dan berdebu. Dan di sisi lain terlihat televisi Sony dan Panasonic dipajang di tempat yang mudah dilihat konsumen serta dalan kondisi bersih. Hee kecewa mendapati kenyataan itu.
Dengan kekecewaan itu Hee kemudian berusaha merombak Samsung. Selama 6 tahun di bawah kepemimpinannya, Samsung tumbuh 2x lipat dibanding saat dipimpin ayahnya, tetapi Hee belum puas. Ia ingin Samsung menjadi yang terbesar dan ia menargetkan hal tersebut bisa dicapai tahun 2000.
Di tahun 1993, dalam tur keliling dunianya, Hee mendarat di sebuah hotel di Jerman dan memanggil seluruh petinggi Samsung untuk melakukan rapat akbar. Selama 3 hari, Hee memberikan ceramah tentang visi masa depan Samsung dan apa yang harus dilakukan agar Samsung sukses. Di malam hari ia hentikan ceramahnya agar peserta rapat bisa tidur. Peristiwa bersejarah itu terkenal sebagai Frankfurt Declaration of 1993. Pidato 3 hari biasanya sangat membosankan untuk di dengar. Namun, para petinggi Samsung di hari bersejarah itu telah terinspirasi oleh Hee, terutama sebuah kutipan yang keluar dari mulut Hee, "Ubah semua hal, kecuali istri dan anak-anakmu." Dan dari titik itulah, Samsung berubah....

Sangat menakjubkan sekali ya beberapa fakta dari perusahaan Samsung diatas. Sebenarnya, masih banyak lagi fakta-fakta yang tersembunyi dari Samsung. Mungkin, di lain waktu saya bisa membahasnya lagi. Demikian Artikel pertama saya kali ini. Semoga bermanfaat.