Inilah Alasan Mengapa Harus Ada Kuota Untuk Terhubung ke Internet


Semakin majunya sebuah teknologi yang ada saat ini mengakibatkan semua pengguna smartphone harus selalu menyediakan kuota yang berfungsi untuk selalu terhubung ke internet, mungkin dulu semua kegiatan hanya menggunakan pulsa saja, namun berbeda dengan sekarang, karena saat ini selain pulsa, kita juga membutuhkan kuota, ya termasuk sobat yang sedang membaca artikel ini, pasti sobat juga sedang menggunakan kuota.

Tetapi karena banyaknya pilihan harga paket kuota, mungkin dalam pikiran sobat pernah bertanya-tanya tantang apa itu kuota dan juga mengapa harus ada kuota, tidak unlimited saja. Bila sobat memang pernah berpikir seperti itu, maka kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan alasannya.

Apa Itu Kuota?

Dalam bahasa mudahnya kuota berarti batasan, ya batasan dalam segala hal yang berhubungan dengan internet. Entah itu download, upload atau hanya untuk sekedar browsing-browsing saja. jadi dengan adanya kuota, kita bisa selalu terhubung ke internet. Tetapi bila kuota habis sobat harus mengisinya ulang. Nah, pertanyaannya mengapa harus ada kuota? Kenapa tidak unlimited saja? jadinyakan kita bisa terhubung ke internet tanpa batas.  

Mengapa Harus Ada Kuota?

1. Supaya Sobat Bisa Mengatur Pengeluaran Uang


Seharusnya sobat banyak berterimakasih dengan adanya kuota. Karena dengan adanya kuota sobat bisa tahu banyaknya data yang sobat gunakan untuk download dan upload di smartphone sobat. Jadi, misalnya sobat hanya butuh kuota buat chattingan, facebookan atau hanya sekedar jalan-jalan saja, jadinya kan sobat gak perlu repot-repot beli banyak kuota. Tetapi sebaliknya, bila sobat membutuhkan kuota untuk streaming, maka paling tidak dompet sobat yang akan jebol. hehehe

2. Sebagai Batasan Untuk Mengontrol Diri


Nah alasan yang kedua ini yang paling penting, kenapa? Karena bila kuota unlimited maka pastinya sobat akan kecanduan untuk berinternetan sepanjang hari. Bayangkan saja bila semua kuota unlimited, coba berapa film yang akan sobat download tiap harinya. Pasti bakal puluhan atau bahkan sampai ratusan film. Jadi inti dari alasan yang kedua ini yaitu sobat menjadi bisa mengontrol diri agar tidak kecanduan didunia maya.

3. Karena Operator Juga Mencari Keuntungan


Untuk yang ketiga yaitu operator juga mencari keuntungan. Operator memang melayani kepentingan masyarakat, tetapi disamping itu, tujuan utama mereka yaitu mencari keuntungan. Jadinya wajar bila mereka membuat paket kuota agar mereka tidak rugi.
Mungkin sobat pernah mendengar tentang paket yang bersifat unlimited. Namun, paket tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya unlimited. Karena pihak operator pasti akan memberikan kuota meskipun tertulis unlimited.

Misalnya sobat membeli paket unlimited 2GB, berarti setelah kuota 2GB tersebut habis, benar sih masih bisa berinternetan, tetapi kecepatannya akan langsung turun drastis. Nah batasan habis ini dikenal dengan islitah FUP (Fair Usage Policy). Memang benar unlimited, tetapi apakah sobat kuat berinternet hanya dengan kecepatan sekitar 10KB/s saja.

Itulah beberapa alasan mengapa harus ada kuota internet yang juga sekaligus menjawab kengapa kuota pada paket internet tidak unlimited. Jadi sekarang sobat semua sudah paham dong alasan mengapa harus ada kuota internet di smartphone.

Sekian artikel dari saja kali ini semoga bermanfaat. silahkan dibagikan ke yang lain ya sob agar mereka juga tahu. Dan jangan lupa juga untuk membaca artikel saya lainnya

Baca Juga 10 Aplikasi yang Wajib Terinstal di Android