3 Tips Ampuh untuk Mengatasi Lupa Pola pada Android


Pengguna android saat ini semakin banyak, sebagian besar diantara mereka selalu mengamankan androidnya dengan cara mengunci layar. Ada beberapa opsi pengunci layar diantaranya adalah pola, sandi, deteksi wajah, dan ada juga sidik jari. Akan tetapi dari beberapa opsi yang telah saya sebutkan tadi, yang paling banyak digunakan oleh para pengguna android yaitu menggunakan pola. Mungkin pola adalah pilihan yang paling simpel kali ya, karena sangat mudah di ingat. Meskipun mudah di ingat, ternyata masih ada juga segelintir orang yang lupa dari pola yang di buatnya sendiri.

Oke sob, berhubung banyak sekali yang tanya cara mengatasi android yang lupa pola. Kali ini saya akan membagikan 3 tips ampuh untuk mengatasi lupa pola pada android.

3 Tips Ampuh untuk Mengatasi Lupa Pola pada Android :

1. Menggunakan Android Device Manager

Tips yang pertama ini sangat mudah karena sobat bisa langsung membuka melalui Android Device Manager. Caranya :
  • Pastikan Android yang lupa pola sudah terhubung ke internet. Nah bagaimana bila tidak? Tenang saja, karena sobat bisa mengakalinya dengan cara meminta bantuan teman untuk menelepon, dan saat di telpon itulah sobat bisa menyalakan data seluler.
  • Buka situs Android Device Manager disini melalui Laptop atau PC, kemudian masukkan email dan password yang telah terdaftar di dalam android yang lupa pola tadi. Biasanya email itu adalah email pertama kali saat mengaktifkan android yang baru beli.



  • Setelah masuk, sobat akan menemui halaman seperti gambar di bawah ini lalu pilih saja lock, masukkan kata sandi sementara contoh 12345678 serta konfirmasinya juga.



  • Nah, setelah itu android sobat akan menerima kuncian dari Android Device Manager yang telah kita buat tadi, tinggal masukkan saja. selesai


2. Menggunakan File Sandi Pola Nonaktif

Tips yang kedua yaitu menggunakan file yang harus dimasukkan kedalam android sobat. Caranya :

  • Download File nya terlebih dahulu melalui laptop disini, kemudian masukkan kedalam kartu memori melalui kabel data, biar mudah letakkan file zip nya di luar folder saja.
  • Bila file sudah ada di kartu memori, matikan android dan masuklah ke mode recovery dengan cara tekan tombol power + home + volume up secara bersama beberapa detik sampai masuk ke mode recovery.
  • Cari file zip yang telah di download tadi di external, cara menjalankan di mode recovery yaitu menggunakan volume up (untuk naik), volume down (untuk turun) dan power (untuk memilih)
  • Setelah ketemu file zipnya, silahkan tekan power dan pilih yes, kemudian pilih lagi reboot system now. Selesai


3. Menggunakan Reset Data Keseluruhan

Tips yang terakhir ini adalah tips yang paling ampuh, karena android sobat dapat dipastikan akan terbuka kuncinya dengan resiko semua data android sobat akan hilang layaknya android yang baru beli. Caranya :
  • Silahkan matikan android sobat, kemudian masuk ke mode recovery dengan cara cara tekan tombol power + home + volume up secara bersama beberapa detik sampai masuk ke mode recovery. 
  • Cari wipe data/factory reset dan pilih yes, tunggu sesaat kemudian pilih lagi reboot system now. Selesai.


Demikian postingan saya kali ini tentang 3 tips ampuh untuk mengatasi lupa pola pada android, semoga bermanfaat, dan bila artikel ini terasa bermanfaat bagi sobat semua janganlah sungkan-sungkan untuk membagikan artikel ini ke media sosial supaya mereka juga tahu bila suatu saat mereka lupa pola. terimakasih