10 Tips Ampuh Agar Sobat Terhindar dari Sambaran Petir


Petir merupakan salah satu bentuk fenomena alam yang tidak dapat dihilangkan dari kehidupan ini. Petir terjadi karena adanya beda potensial antara awan dan bumi. Sambaran Petir mengakibatkan kebakaran, kerusakan peralatan elektronik, bahkan juga kematian. Indonesia adalah negara yang terletak di daerah khatulistiwa dengan iklim tropis dan kelembaban yang cukup tinggi. Dengan kondisi demikian Indonesia termasuk salah satu daerah dengan sambaran petir yang sangat besar dibandingkan negara lain.

Maka dari itu, kali ini saya akan membagikan 10 tips ampuh agar sobat terhindar dari sambaran petir :

1. Jauhi Lapangan Terbuka


Jauhi lapangan terbuka. Namun, bila sobat sedang berada di daerah tersebut dan jauh dari perumahan, sobat bisa rapatkan kaki, jongkok dan tundukkan kepala.

2. Jauhi Lautan atau Danau


Lautan ataupun danau adalah sasaran terempuk dari sambaran petir. Karena dapat dipastikan ketika sobat sedang mandi di tengah danau yang tersambar petir, sobat bagaikan ikan yang sedang disetrum. Dan juga bila sobat sedang berada diatas perahu sesegera mungkin sobat untuk menuju daratan.

3. Matikan Alat-Alat Elektronik


Matikan semua alat-alat elektronik seperti handphone, karena bila sobat malah memainkannya bahkan di luaran rumah, besar kemungkinan sobat tersambar petir.

4. Jauhi Alat-Alat Elektronik


Dimanapun ketika hujan lebat yang pada biasanya di sertai petir, jangan pernah sobat sekali-kali mendekat dengan alat-alat elektronik, misalnya televisi, computer, smartphone dan sebagainya. Karena meskipun alat-alat tersebut mati. Namun, logam yang ada di dalamnya masih dapat menghantarkan aliran listrik.

5. Masuk ke dalam Mobil


Jika sobat tidak menemukan tempat untuk berlindung dari petir, sebagai alternatif sobat bisa masuk ke dalam mobil. Karena petir yang menyambar mobil, seketika akan langsung di netralkan oleh tanah. Namun, pastikan pintu dan jendela mobil tertutup dengan rapat.

6. Berlindunglah di Semak-semak


Bila sobat berada di tengah hutan maka pastikan sobat berlindung di semak-semak dengan pepohonan yang rendah, karena petir cenderung menyambar pohon-pohon yang tinggi. Dan bila sobat berada di tengah-tengah sawah, pastikan sobat berada dibawah ketinggian padi.

7. Hindari Berbaring di Tanah


Hindari berbaring di tanah atau di dataran, karena sambaran petir bisa saja menyebar dari dataran tersebut.

8. Jangan Berdiri Dibawah Pohon yang Tinggi


Petir cenderung menyambar pepohonan yang tinggi, maka jangan pernah sobat coba-coba untuk berdiri di bawah pepohonan yang tinggi, karena dapat dipastikan petir yang menyambar pohon bisa langsung meloncat ke tubuh orang yang berdiri di bawahnya.

9. Buatlah Penangkal Petir Sederhana


Untuk mengantisipasi sambaran petir sobat bisa membuat penangkal petir sederhana dari pipa besi 2 inci lalu di sambung dengan 1,5 inci lagi dan posisinya lebih tinggi 2 meter dari ketinggian rumah.

10. Sebaiknya Sobat Berada di dalam Rumah


Yah, tempat paling aman saat terjadi petir adalah di dalam rumah, apalagi sudah di lengkapi dengan penangkalnya, dapat di pastikan sobat akan aman seaman-amannya dari sambaran petir yang dahsyat.


Demikian postingan artikel dari saya kali ini semoga bermanfaat, dan apabila ada tips-tips lain dari sobat silahkan saja sobat masukkan pada kolom komentar dibawah serta jangan lupa untuk mengunjungi blog ini lagi untuk membaca postingan-postingan saya selanjutnya.